4 Gejala Munculnya Penyakit Tiroid


0
4 Gejala Munculnya Penyakit Tiroid
4 Gejala Munculnya Penyakit Tiroid

4 Gejala Munculnya Penyakit Tiroid- Tiroid merupakan salah satu penyakit yang biasanya terjadi pada seorang wanita. Sementara tiroid ini di kenal sebagai pegangan endokrin terbesar yang ada di tubuh manusia. Sedangkan penyakit ini bisa di temukan di bagian depan leher. Oleh karena itu, tiroid juga di sebut dengan penyakit yang dapat mengganggu sistem metabolisme tubuh.

Karena beberapa peneliti menunjukkan bahwa pada saat tiroid Anda memproduksi terlalu banyak hormon (hipertiroidisme) atau tidak cukup hormon (hipotiroidisme) maka dapat memunculkan beberapa penyakit seperti penyakit Hashimoto, penyakit Graves, gondok, dan lain sebagainya.

Namun perlu di ketahui bahwa penyakit tiroid pada umumnya dapat menyebabkan berbagai jenis gejala. Pada kesempatan kali ini akan kami jelaskan mengenai suatu gejala yang akan terjadi saat Anda mengalami gejala penyakit tiroid. Gejala ini tentunya mengganggu kesehatan wanita, dari itu perlu di waspadai! Berikut adalah beberapa gejala yang di alami oleh penderita tiroid, diantaranya meliputi :

gejala penyakit tiroid
gejala penyakit tiroid

Perubahan Berat Badan Secara Tiba – Tiba

Gejala pertama yang bisa di alami oleh penderita penyakit tiroid adalah terjadinya perubahan berat badan secara tiba – tiba. Sedangkan perubahan berat badan yang bertambah adalah salah satu tanda utama gangguan tiroid.

Penambahan berat badan yang di kenal sebagai gejala tiroid ini biasanya tidak di dasari dengan alasan yang jelas dan sulit untuk turun kembali.  Hal ini bisa terjadi karena di sebabkan oleh tiroid atau hipotiroidisme yang kurang aktif.

Sementara itu, penurunan berat badan yang juga turun secara tiba-tiba bisa menandakan hipertiroidisme. Sehingga dapat di katakan bahwa dari kedua perubahan berat badan yang secara tiba – tiba menunjukkan sebagai tanda atau gejala yang di alami oleh penderita tiroid.

Mestruasi Tidak Teratur

Selain terjadinya perubahan berat badan secara tiba – tiba, ternyata gejala lain yang di alami oleh wanita yang terkena tiroid adalah menstruasi tidak teratur. Sedangkan menstruasi merupakan salah satu tanda kesuburan seorang wanita yang biasanya di alami dalam waktu 1 bulan sekali, bahkan ada yang 2 minggu sekali.

Sehingga menstruasi adalah hal penting yang harus di perhatikan oleh setiap wanita. Hal ini juga merupakan salah satu kesehatan wanita yang harus di jaga. Sementara wanita yang haid tidak teratur dapat di sebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah gejala tiroid.

Karena jika siklus menstruasi wanita normal mulai menjadi lebih sering dan lebih ringan, maka itu bisa menjadi tanda penyakit tiroid yang terlalu aktif.

Apa Saja Gejala Munculnya Penyakit Tiroid?

Sering Merasa Lelah

Gejala lain yang di alami oleh penderita tiroid adalah merasa lelah yang tak henti – henti. Kelelahan merupakan salah satu hal biasa yang di alami oleh seseorang. Hal ini bisa di sebabkan karena mungkin terlalu kecapean dalam melakukan aktivitas, sehingga bisa membuat seseorang merasa lelah.

Namun perlu di ketahui bahwa jika merasa lelah yang tak henti – henti tanpa melakukan aktivitas apapun. Maka perlu di perhatikan, gejala apa yang telah di alami. Karena beberapa peneliti mengatakan bahwa salah satu gejala dari penyakit tiroid adalah merasa lelah yang terlalu berlebihan.

Hal ini bisa terjadi karena di sebabkan oleh hormon tiroid yang terlalu sedikit mengalir melalui aliran darah dan sel. Sehingga bisa menyebabkan bahwa otot tidak mendapatkan sinyal yang mendukungnya.

Baca Juga : Tips Mencegah Keputihan pada Wanita

Munculnya Benjolan

Selain gejala – gejala yang sudah di jelaskan di atas, ternyata gejala lain yang akan di alami oleh penderita tiroid adalah munculnya benjolan di area jakun. Sementara untuk mengetahui gejala tersebut, Anda dapat melihat dengan menggunakan cermin.

Jika Anda melihat sesuatu yang bengkak atau mencurigakan di bawah jakun, sebaiknya Anda melakukan pemeriksaan medis dan konsultasikan pada dokter.

Hal ini dapat di lakukan dengan tujuan agar Anda mengetahui gejala apa yang sebenarnya terjadi. Karena penelitian menunjukkan bahwa salah satu gejala penyakit tiroid adalah munculnya suatu benjolan pada area jakun.

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Unik

Tips & Trik

Viral

Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *