5 Penyebab Penyakit Kanker Serviks


0
5 Penyebab Penyakit Kanker Serviks
5 Penyebab Penyakit Kanker Serviks

5 Penyebab Penyakit Kanker Serviks- Kanker serviks merupakan salah satu penyakit berbahaya yang di khawatirkan oleh semua orang. Sementara penyakit ini bisa terjadi pada wanita, dimana serviks ini dikenal dengan penyakit tumor ganas yang ada di bagian paling bawah rahim (uterus).

Penyakit kanker serviks ini bisa terjadi karena dapat di akibatkan oleh pertumbuhan kanker di leher rahim dengan perkembangan sel-sel abnormal di leher rahim. Sementara sel-sel ini kemudian dapat berkembang dengan cepat dan tidak terkendali. Sehingga sel ini dapat membentuk tumor di leher rahim, dimana tumor ini bisa berkembang menjadi kanker.

Sehingga sebuah studi menunjukkan bahwa salah satu penyebab terjadinya kanker serviks adalah di akibatkan oleh virus HPV (human papilloma virus) yang menyebar di leher rahim.Sementara virus yang paling umum dapat menyebabkan munculnya penyakit kanker serviks adalah HPV-16 dan HPV18.

Virus ini biasanya dapat menyebar melalui hubungan seksual seperti kontak langsung antara kulit dan alat kelamin, pertukaran cairan tubuh, dan lain sebagainya.Namun perlu diketahui bahwa kanker serviks tidak hanya bisa disebabkan karena menyebarnya virus HIV saja.

Akan tetapi dari beberapa peneliti menunjukkan bahwa terjadinya penyakit ini juga dapat di sebabkan oleh beberapa hal yang mungkin tidak kita sadari. Berikut pada artikel terkini akan kami jelaskan mengenai beberapa penyebab terjadinya kanker servisk, diantaranya meliputi :

Apa Saja Penyebab Penyakit Kanker Serviks?

Sistem Kekebalan yang Lemah

Salah satu penyebab terjadinya penyakit kanker ini adalah lemahnya sisitem kekebalan tubuh. Sistem kekebalan tubuh merupakan salah satu hal penting bagi kesehatan seseorang. Sehingga di haruskan bagi setiap orang untuk selalu menjaga sistem kekebalan tubuh termasuk wanita.

Sementara sistem kekebalan berperan penting dalam menghancurkan sel kanker dan memperlambat pertumbuhan dan penyebarannya. Sehingga pada wanita yang memiliki HIV, kanker pra-serviks dapat berkembang menjadi kanker invasif yang lebih cepat dari biasanya.

Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa dalam hal ini virus human immunodeficiency (HIV) dan virus penyebab AIDS dapat melemahkan sistem kekebalan dan akan membuat orang berisiko tinggi terkena infeksi HPV.

Hal ini dapat memicu terjadinya penyakit kanker servisk. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga dan meningkatkan kekebalan tubuh dengan tujuan untuk menghindari dan mencegah terjadinya penyakit berbahaya, terutama pada wanita.

Mengkonsumsi Merokok

Mengkonsumsi rokok adalah suatu hal yang biasanya di lakukan oleh sebagian orang. Sementara tidak sedikit seseorang yang beranggapan bahwa rokok itu adalah kebutuhan bagi mereka. Oleh karena itu, rokok ini tidak hanya di konsumsi oleh laki – laki saja, baik remaja, dewasa, maupun lansia. Namun wanita pun juga tidak sedikit yang mengkonsumsi rokok.

Perlu di ketahui, bahwa beberapa peneliti menunjukkan bahwa rokok adalah salah satu penyebab terjadinya berbagai penyakit yang berbahaya. Karena rokok yang memiliki kandungan zat berbahaya ini diserap melalui paru-paru dan dibawa ke aliran darah ke seluruh tubuh.

Sehingga penyakit yang biasa terjadi dan di akibatkan oleh rokok  adalah penyakit yang selalu di khawatirkan semua orang seperti, paru – paru, jantung, kanker, dan lain sebagainya. Selain itu, peneliti juga menunjukkan bahwa kandungan zat berbaya pada rokok juga dapat merusak DNA sel serviks dan dapat berkontribusi pada perkembangan kanker serviks.

Dengan begitu, merokok juga membuat sistem kekebalan kurang efektif dalam melawan infeksi HPV. Sehingga dapat dikatakan bahwa dengan mengkonsumsi rokok merupakan salah satu penyebab munculnya kanker serviks.

Apakah Mengkonsumsi Pil KB dalam Jangka Panjang Dapat Menyebabkan Kanker Seviks?

Mengkonsumsi Pil KB dalam Jangka Panjang

Penyebab munculnya kanker selanjutnya adalah mengkonsumsi pil KB dalam jangka panjang. Sedangkan pil KB adalah obat dengan bentuk tablet yang memiliki kandungan hormon estrogen dan progesteron. Biasanya pil ini dikonsumsi oleh wanita dengan tujuan untuk memperlambat kehamilan.

Namun perlu diketahui jika mengkonsumsi pil KB dalam jangka panjang. Maka hal ini akan berdampak buruk pada kesehatan, salah satunya adalah kanker serviks. Sehingga beberapa peneliti menujukkan bahwa salah satu faktor yang dapat membuat Anda berisiko terkena kanker adalah mengkonsumsi pil KB dalam jangka panjang.

Sedangkan risiko ini bisa meningkat seiring dengan lamanya waktu mengonsumsi pil KB sebagai alat kontrasepsi. Sementara bagi Anda jika ingin mengkomsumsi pil tersebut, sebaiknya perhatikan dan konsultasikan pada dokter.

Baca Juga : Tau Ga! Ini 8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal dari Serangan Penyakit

Jarang Mengkonsumsi Sayuran dan Buah

Sayuran dan buah merupakan salah satu makanan yang baik di konsumsi. Sementara buah dan sayur di kenal sebagai makanan yang memiliki banyak kandungan vitamin C. Sehingga dapat di katakan bahwa dengan mengkonsumsi makanan ini sangat baik untuk kesehatan. Oleh karena itu, jika tubuh tidak mendapatkan makanan yang kaya antioksidan, flavonoid, karotenoid, dll.

Seperti buah dan sayur yang dapat menunjang tubuh dalam menangkal HPV yang diketahui menyebabkan kanker serviks. Maka hal ini akan menjadi pemicu munculnya penyakit tersebut. Sehingga sebuah studi menunjukkan bahwa salah satu penyebab terjadinya kaker serviks adalah kurangnya mengkonsumsi buah atau sayuran.

Jarang Membersihkan Area Vital

Dari beberapa penyabab di atas, ternyata membersihkan area vital merupakan salah satu hal penting yang harus dilakukan. Karena jika tidak, maka hal ini akan menjadi penyebab munculnya kanker.

Hal ini bisa terjadi karena organ intim yang tidak dibersihkan dengan baik akan mudah terserang bakteri jahat di organ kewanitaan. Sehingga di bagian organ ini, bakteri dapat berkembang lebih banyak dan akan menyebabkan penyakit kanker serviks

KunJungi Juga Media Sosial Kami

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Unik

Tips & Trik

Viral

Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *