Beberapa Gejala Lupus pada Wanita


0
Beberapa Gejala Lupus pada Wanita
Beberapa Gejala Lupus pada Wanita

Beberapa Gejala Lupus pada Wanita- Lupus merupakan salah satu penyakit autoimun yang biasanya lebih sering terjadi pada seorang wanita di usia subur. Hal ini bisa terjadi karena peningkatan kadar hormon estrogen selama masa subur disertai oleh faktor lingkungan. Sehingga menjadi pemicu risiko lupus di kalangan wanita.

gejala lupus
gejala lupus

Hal tersebut diperkuat dengan sebuah penelitian yang menunjukkan bahwa keberadaan dua kromosom X pada wanita dapat menyebabkan peningkatan risiko lupus. Sementara penyakit lupus yang terjadi dapat menyerang berbagai hal di bagian tubuh. Seperti ginjal, sel darah, otak, jantung, sendi, kulit, dan paru.

Oleh karena itu, sebelum Anda terdeteksi penyakit tersebut. Maka perlu Anda ketahui tentang gejala lupus yang akan di alami jika terjangkit penyakit tersebut. Sementara gejala penyakit lupus tidak hanya merasakan salah satu jenis kelainan saja. Akan tetapai ada beberapa gejala yang mungkin belum Anda ketahui saat terkena penyakit tersebut. Adapun gejala yang akan dialami oleh seseorang yang terkena lupus, sebagai berikut :

Apa Saja Gejala Lupus pada Wanita?

Mudah lelah

Gejala lupus pertama yang akan di alami oleh penderita adalah mudah lelah. Sementara lupus merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan terganggunya sel darah. Sedangkan sel darah yang akan disebabkan oleh lupus adalah jumlah sel darah putih yang terlalu rendah, jumlah sel darah merah yang rendah.

Sehingga dapat menyebabkan anemia dan trombosit darah yang terlalu rendah. Kondisi ini bisa menyebabkan tubuh menjadi mudah lelah dan kurang semangat. Hal ini bisa terjadi karena penyakit lupus juga bisa mengganggu organ tubuh.

Merasakan Nyeri pada Dada

Gejala lupus selanjutnya yang di alami oleh penderita lupus adalah merasakan nyeri pada dada. Sedangkan dada merupakan salah satu bagian tubuh yang ada ditengah – tengah leher dan perut. Sementara seseorang yang merasakan nyeri pada dada biasanya dikenal dengan gejala penyakit paru – paru dan jantung.

Namun perlu Anda ketahui bahwa penyakit tersebut bisa disebabkan karena terjadinya lupus. Karena dari beberapa peneliti menunjukkan bahwa penyakit lupus dapat memicu peradangan pada selaput yang melapisi paru-paru dan jantung. Sehingga seseorang yang menderita penyakit lupus, tentunya akan merasakan nyeri dada dan sesak napas.

Sakit Demam Tak Kunjung Sembuh

Demam merupakan salah satu penyakit biasa yang sering terjadi pada seseorang, mulai dari anak – anak, remaja bahkan dewasa. Namun perlu Anda ketahui bahwa seseorang yang mengalami demam tidak hanya selalu menjadi penyakit biasa yang selalu mengalami flu dan batuk.

Akan tetapi jika merasakan demam secara terus – menerus dan mengalami demam yang biasanya lebih dari 38 derajat Celcius. Maka demam tersebut dapat dikatakan sebagai gejala dari penderita lupus. Hal ini bisa terjadi sebagai respons terhadap peradangan dan infeksi di dalam tubuh.

Sehingga suhu tubuh penderita lupus akan meningkat melebihi normal. Oleh karena itu, jika mengalami demam secara berturut – turut dan tidak kunjung sembuh selama berhari-hari. Maka Anda perlu segera memeriksakan diri ke dokter untuk meminta diagnosis yang tepat tentang kondisi Anda saat ini.

Berat Badan Turun Secara Tiba – Tiba

Selain mengalami demam berturut – turut, ternyata penurunan berat badan secara tiba – tiba merupakan salah satu gejala yang di alami oleh penderita lupus. Hal ini disebabkan oleh sistem kekebalan yang tubuh terganggu, dimana pada akhirnya tubuh ini dapat mempengaruhi tiroid dan hormon tertentu.

Sehingga hal ini akan menyebabkan Anda bisa kehilangan beberapa kilogram tanpa alasan yang jelas. Oleh karena itu, dari beberapa permasalahan di atas. Sebuah studi menunjukkan bahwa salah satu gejala yang akan dialami oleh penderita lupus adalah berat badan akan turun.

Nyeri otot dan persendian

Gejala Lupus selanjutnya yang dialami oleh penderita lupus adalah nyeri otot dan persendian. Sementara nyeri ini akan muncul dan dirasakan di pagi hari saat Anda bangun tidur. Selain merasakan nyeri, ternyata di area persendian juga mengalami pembengkakan dan terasa kaku.  Hal ini bisa terjadi pada pergelangan tangan, jari tangan, dan lain sebagainya.

Namun pada umumnya nyeri sendi pada lupus hanya muncul di satu sisi tangan. Oleh karena itu, dengan permasalahan tersebut Anda perlu memperhatikan tentang gejala lupus. Karena jika Anda merasakan nyeri pada otot dan persendian. Maka sebaiknya Anda memeriksakan kepada dokter dengan tujuan untuk memastikan mengenai penyakit yang dialami.

Mengapa Rambut Rontok Adalah Gejala dari Lupus?

Rambut Menjadi Rontok

Dari beberapa gejala yang dijelaskan di atas, ternyata gejala lainnya yang akan dialami oleh penderita lupus adalah rambut menjadi rotok. Sedangkan rambut ini tumbuh di kepala, dimana rambut di kepala manusia dapat berfungsi untuk melindungi kulit kepala dari sengatan matahari.

Baca Juga : Tau Ga! Ini 8 Tips Menjaga Kesehatan Tubuh Agar Kebal dari Serangan Penyakit

Sehingga rambut adalah hal penting yang harus di jaga dan di rawat oleh semua orang. Meski pada faktanya terkadang rambut menjadi rontok, akibat seseorang tidak menjaga rambutnya dengan baik. Namun perlu Anda ketahui, bahwa rambut rontok tidak hanya selalu di akibatkan oleh kurangnya perawatan saja.

Akan tetapi rambut yang rontok bisa menjadi salah satu gejala atau tanda dari penyakit yang di alami. Karena beberapa peneliti menunjukkan bahwa ada beberapa penyakit yang terjadi dan ditandai oleh rambut rontok, salah satunya adalah penyakit lupus dengan tipe diskoid.

Sedangkan secara khusus lupus tipe diskoid dapat menyerang jaringan kulit. Sehingga kondisi ini bisa menimbulkan ruam di area kulit kepala yang akhirnya menyebabkan rambut rontok. Itulah beberapa gejala lipus, semoga bermanfaat.

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Unik

Tips & Trik

Viral

Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *