Cara Cepat Mengatasi Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang


0
Cara Cepat Mengatasi Gusi Bengkak
Cara Cepat Mengatasi Gusi Bengkak

Cara Cepat Mengatasi Gusi Bengkak Akibat Gigi Berlubang – Tentunya setiap kita ingin memiliki gigi yang kuat dan sehat. Selain karena untuk menjaga penampilan serta peranan pentingnya dalam mengunyah makanan. Kita juga ingin terhindar dari sakit gigi yang rasanya bukan main sakit.

Oleh karena itu kita terbiasa untuk menjaga kesehatan gigi dengan rutin menyikatnya agar terhindar dari kerusakan gigi. Seperti gigi berlubang, agar nantinya kita tidak perlu merasakan sakit gigi dikemudian hari. Namun kenyataan mirisnya hampir setiap kita orang Indonesia memiliki dua atau setidaknya satu gigi berlubang.

Gigi berlubang terjadi akibat terkikisnya lapisan email (yaitu lapisan luar gigi) dan dentin ( lapisan yang lebih dalam) hingga akhirnya membentuk sebuah lubang di gigi. Jika anda memiliki gigi berlubang, maka hal itu harus segera di atasi.

Karena jika tidak lubang pada gigi akan semakin membesar dan menyebabkan masalah-masalah lain pada gigi, seperti bau mulut, infeksi, gigi tanggal, gusi bengkak dan lain-lain. Oleh karena itu penting bagi Anda untuk mengetahui cara-cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi gigi berlubang.

mengatasi gusi bengkak
mengatasi gusi bengkak

Sikat gigi dengan pasta gigi berfluoride

Rutinlah dalam menyikat gigi Anda, lakukan setidaknya dua kali dalam sehari. Jangan lupa untuk memilih pasta gigi yang memiliki kandungan fluoride di dalamnya, karena kandungan ini memiliki fungsi untuk mencegah gigi agar tidak berlubang.

Gunakan dental floss

Dental floss atau di kenal dengan sebutan benang gigi berguna sekali untuk membersihkan sela-sela gigi yang tidak bisa dijangkau oleh sikat gigi biasa. Hal itu penting untuk dilakukan untuk menghilangkan sisa makanan yang masih menempel di sela gigi agar bakteri tidak berkembang dan menyebabkan gigi Anda berlubang.

Perhatikan konsumsi makanan Anda

Beberapa makanan ada yang baik untuk gigi namun ada pula yang bersifat merusak gigi. Makanan seperti sayuran dan buah-buahan sangat baik untuk menjaga kesehatan gigi dan menjaga gigi dari bakteri. Namun untuk makanan-makanan manis sebaiknya mulai saat ini Anda mulai membatasi konsumsinya, karena makanan manis di ketahui menjadi salah satu penyebab utama gigi berlubang.

Itu adalah beberapa cara untuk mencegah gigi berlubang yang bisa Anda aplikasikan di rumah, agar gigi Anda tetap sehat dan terjaga. Lantas bagaimana dengan gigi yang sudah terlanjur berlubang dan menyebabkan gusi bengkak? Adakah cara cepat untuk mengatasi sakit pada gusi yang bengkak? Berikut kami telah merangkum beberapa cara mengobati sakit gigi.

Bagaimanakah cara cepat mengatasi gusi bengkak akibat gigi berlubang?

Kompreslah dengan menggunakan es batu

Suhu dingin dapat membantu mengurangi nyeri, bengkak dan peradangan pada gusi dengan cara menyempitkan pembuluh darah sehingga aliran darah menuju gusi menjadi terhambat. Selain itu suhu dingin mampu menekan saraf yang memicu munculnya rasa nyeri agar mati rasa.

Sehingga untuk sementara waktu Anda tidak akan merasakan nyeri lagi pada gusi. Caranya cukup mudah, ambil es batu, lapisi dengan kain tebal lalu letakkan di area gusi yang bengkak atau Anda cukup tempelkan di pipi saja.

Gunakan merica

Merica di ketahui memiliki kandungan analgesik yang memiliki manfaat untuk meredakan gejala gusi bengkak. Selain itu merica juga bersifat anti inflamasi dan anti bakteri, sehingga dapat di gunakan untuk membunuh bakteri yang terdapat di gusi.

Keuntungan lain menggunakan merica ini adalah bahan tersebut sangat mudah didapat, karena hampir semua dapur di setiap rumah memiliki stok merica. Anda cukup ambil merica, campur dengan garam lalu oleskan pada gusi yang bengkak, lakukan dengan rutin hingga gusi kembali normal.

Baca Juga : Beberapa Cara Mengatasi Gigi Ngilu

Gunakan belimbing waluh

Seperti yang kita ketahui bersama, belimbing waluh memiliki rasa yang asam, ternyata rasa asam ini dapat di gunakan untuk membunuh bakteri yang bersarang di mulut. Gusi yang bengkak oleh karena gigi yang berlubang di sebabkan oleh bakteri.

Oleh karena itu penggunaan belimbing waluh untuk mengatasinya di rasa tepat. Caranya mudah, haluskan belimbing waluh yang masih muda lalu oleskan ke area gusi bengkak.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Berita Unik

Tips & Trik

Berita Viral

Berita Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *