Cara Efektif Meredakan Gigi Ngilu


0
Cara Efektif Meredakan Gigi Ngilu
Cara Efektif Meredakan Gigi Ngilu

Cara Efektif Meredakan Gigi Ngilu – Gigi ngilu adalah hal yang umum terjadi pada beberapa orang, Anda mungkin juga pernah merasakannya. Biasanya gigi akan mulai terasa ngilu ketika Anda mengonsumsi makanan yang dingin, panas ataupun asam. Rasa ngilu pada gigi tersebut terjadi karena gigi yang sensitif.

meredakan gigi ngilu
meredakan gigi ngilu

Menderita gigi sensitif ini membuat kita tidak bisa bebas memilih makanan yang ingin kita konsusmsi, bukan? Gigi yang sensitif ini di sebabkan oleh terpaparnya lapisan gigi yang dikenal juga dengan sebutan dentin oleh karena kerusakan enamel.

Dentin itu sendiri terhubung langsung dengan serabut-serabut saraf. Sehingga ketika terpapar oleh rangsangan berupa panas atau dingin, seketika gigi terasa ngilu. Perlu di lakukan penanganan dengan cepat agar gigi ngilu ini tidak berlanjut dan semakin parah. Berikut cara-cara yang dapat Anda lakukan untuk meredakan gigi ngilu, meliputi :

Rutin menyikat gigi

Kebersihan mulut dan gigi harus selalu Anda jaga dengan cara rutin meyikat gigi, setidaknya lakukan dua kali dalam sehari. Jangan lupa pula gunakan benang gigi agar plak di gigi bisa terangkat.

Gunakan pasta gigi desensitisasi

Untuk meredakan gigi ngilu atau gigi sensitif, Anda tidak bisa menggunakan pasta gigi sembarangan, perlu untuk memilih pasta gigi yang memang khusus di buat untuk mengatasi gigi yang sensitif. Dengan menggunakan pasta gigi desensitisasi rasa ngilu pada gigi Anda perlahan akan mulai hilang, hal itu di karenakan kandungan pada pasta gigi tersebut mampu untuk memblokir rangsangan langsung terhadap dentin.

Gunakan fluoride

Fluoride di ketahui memiliji manfaat untuk remineralisasi yaitu dengan membantu lapisan enamel gigi agar kembali mendapatkan mineral dan juga membantu mempercepat proses perbaikan pada enamel.

Sehingga dengan mengaplikasikan kandungan fluoride pada area gigi yang sensitif, di harapkan nantinya rasa ngilu yang timbul menjadi berkurang dan sembuh.

Bagaimana Cara Mengatasi Gigi yang Sakit dan Ngilu?

Untuk mengatasi gigi yang sakit dan ngilu selain dengan cara di atas, Anda juga bisa menggunakan cara lain yang lebih simple, yaitu menggunakan bahan-bahan alami yang mudah untuk kita temukan. Bahan-bahan itu antara lain:

Air garam

Sejak jaman nenek moyang kita, telah di ketahui bahwa air garam ternyata mampu untuk meredakan rasa sakit dan ngilu pada gigi kita. Resep ini telah di berikan sejak turun-temurun, dan pada kenyataannya hal itu memang benar.

Hasil dari penelitian yang telah di lakukan menyebutkan bahwa garam bersifat antiseptik, mampu untuk membunuh bakteri yang bersarang di mulut yang menjadi penyebab gigi sakit dan ngilu.

Cara menggunakannya Anda hanya perlu mencampur garam dengan air hangat, ambil secukupnya lalu berkumurlah, lakukan itu berulang-ulang hingga rasa ngilu dan sakit mulai terasa sedikit berkurang.

Daun jambu

Daun jambu mengandung antioksidan flavonoid. Kandungan antioksidan tersebut mampu meredakan gigi ngilu dan mempercepat penyembuhan gigi. Daun jambu juga memiliki sifat lain yaitu antimikroba dan anti radang.

Sehingga sangat cocok untuk digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi bagi Anda yang sedang menderita gigi ngilu. Caranya cukup mudah, Anda hanya perlu mencari beberapa helai daun jambu lalu rebuslah dengan air, setelah itu campurlah dengan garam. Selanjutnya gunakan air campuran tersebut sebagai obat kumur, lakukan secara rutin hingga gigi Anda sembuh.

Baca Juga : Perlu Anda Ketahui, Cara Mengatasi Sakit Gigi

Bawang putih

Bahan selanjutnya yang bisa anda gunakan yaitu bawang putih. Sama seperti garam, bahan ini adalah bahan dapur yang relatif mudah untuk Anda temukan. Bawang putih di ketahui memiliki kandungan senyawa allicin yang bersifat anti septik dan antimikroba. Kedua sifat ini sangat berguna untuk meredakan rasa ngilu pada gigi Anda.

Ketika gigi Anda mulai terasa ngilu, ambil segera bawang putih lalu kunyah dengan perlahan. Tapi jika Anda tidak suka cara tersebut dengan alasan rasa bawang putih yang tidak enak, maka Anda bisa lakukan dengan cara lain, yaitu irislah tipis-tipis bawang putih, lalu letakkan irisan tersebut ke area gigi yang ngilu dan sakit.

Itu tadi beberapa cara efektif untuk meredakan gigi ngilu, Anda bisa mengaplikasikan cara yang telah kami berikan terasebut sekarang juga. Jangan lupa berdo’a!

Baca Juga : 7 Cara Mengobati Sakit Gigi Ini Sudah Terbukti Ampuh

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Berita Unik

Tips & Trik

Berita Viral

Berita Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *