Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang


0
Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang
Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang – Tidak hanya anak-anak yang mengalami masalah gigi berlubang. Sekitar 25,9 persen penduduk Indonesia memiliki masalah gigi berlubang. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga lanjut usia.

Infeksi gigi, abses gigi, sepsis hingga gigi tanggal merupakan contoh komplikasi kasus gigi berlubang. Berikut adalah beberapa cara mengobati  gigi berlubang.

Gunakan Fluoride

Apabila lubang gigi masih kecil atau dalam tahap permulaan, Anda dapat mengatasinya dengan menggunakan Fluoride. Dokter gigi biasanya menggosok fluoride berbagai macam jenis, yaitu cair, busa, gel atau pernis ke gigi selama beberapa menit. Dalam perawatan dokter, kandungan fluoride tentu lebih banyak ketimbang pasta gigi yang biasa Anda pakai.

Tambal Gigi atau Filling

Tindakan yang paling umum dilakukan untuk mengatasi gigi berlubang adalah tambal gigi. Dokter gigi biasanya menggunakan bor khusus, yang kemudian akan dokter tambal menggunakan bahan khusus seperti porselen, emas, perak atau komposit. Tambal gigi juga biasa dilakukan ketika gigi Anda tidak terasa sakit lagi.

Rawat Saluran Akar

Cara mengatasi gigi berlubang melalui root canal atau perawatan saluran akar dapat Anda coba. Rawat saluran akar dapat dilakukan apabila pembusukan telah mencapai bagian dalam gigi atau saraf yang telah mati.

Para ahli gigi atau dokter gigi biasanya akan membuang jaringan syaraf dan setiap daerah yang busuk. Setelah itu, dokter akan menambal atau memberikan crown agar gigi tidak perlu dicabut.

Cabut gigi

Ini cara akhir jika tidak ada cara lagi untuk menyelamatkan gigi berlubang Anda. Anda dapatemcabut gigi setelah rasa sakit yang Anda rasakan menghilang. Terlebih dahulu Anda harus mengkonsultasikan pencabutan gigi ini kepada dokter gigi atau ahli gigi.

Prosedur Crown

Biasanya dokter gigi akan memasang crown di atas gigi yang telah rusak. Mahkota atau crown ini biasanya terbuat dari emas, porselen, porselen fusi logam atau bahan lainnya.

cara mengobati gigi berlubang
cara mengobati gigi berlubang

Bagaimana cara untuk meredakan sakit pada gigi berlubang?

Berikut beberapa cara alami untuk meredakan sakit gigi akibat gigi berlubang, terdapat tujuh bahan alami yang dapat digunakan Anda.

Mengkompresnya dengan Es

Menggunakan kompres es adalah cara yang terbukti ampuh mengatasi sakit gigi. Anda dapat membungkus es dengan handuk bersih, setelah itu Anda dapat menyentuhkannya pada bagian yang bengkak akibat sakit gigi. Waktu mengkompres sekitar 15 menit.

Mengangkat kepala

Cara mengobati sakit gigi yang alami dan ampuh adalah dengan mengangkat kepala. Saat sakit gigi menyerang di malam hari hingga menyebabkan tidak bisa tidur, Anda dapat menerapkan cara ini. Gunakan bantal tambahan saat hendak tidur di malam hari. Pada situasi ini, kepala yang terangkat mencegah peningkatan tekanan, akibat darah yang mengir ke area mulut  dan kepala.

Berkumur-kumur dengan  air garam

Cara mengobati sakit gigi darurat yang sering di terapkan di rumah adalah berkumur-kumur dengan air garam. Bahan  anti bakteri alami yang mampu mengurangi reaksi radang adalah air garam. Anda cukup melarutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air biasa atau hangat.

Minyak cengkeh

Dalam minyak cengkeh terdapat senyawa Eugenol yang  terbukti efektif sebagai salah satu cara mengobati sakit gigi. Kandungan dari minyak cengkeh juga mengurangi  risiko peradangan ketika terjadi gangguan dalam rongga mulut. Cara mengaplikasikannya adalah dengan meneteskan minyak cengkeh ke kapas, lalu sentuhkan pada bagian yang sakit.

Bawang putih

Bahan rumah tangga lain yang biasa di gunakan sebagai cara mengobati sakit gigi adalah bawang putih. Di dalam bawang putih terdapat senyawa allicin yang  memiliki efek anti bakteri yang sangat kuat. Berkurangnya bakteri dalam mulut hingga mengakibatkan sakit gigi dapat di hilangkan dengan senyawa alicin ini.

Baca Juga : Jenis Penyakit Lupus dan Cara Mengobatinya

Cuka apel

Cuka apel mengandung asam yang mampus mengendalikan bakteri di dalam rongga mulut. Cara menggunakannya adalah dengan melarutkan cuka apel dalam segelas air dan berkumur-kumurlah.

Jahe

Jahe merupakan  antibiotik alami yang mampu meredakan rasa nyeri. Caranya, Anda cukup menggeprek jahe lalu tempelkan ke bagian yang sakit.

Baca Juga : Beberapa Cara untuk Menghilangkan Gigi Berlubang

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Berita Unik

Tips & Trik

Berita Viral

Berita Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *