Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil


0
Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil
Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil

Cara Menjaga Kesehatan Ibu Hamil – Kesehatan ibu hamil merupakan salah satu hal penting yang harus di perhatikan. Kesehatan ibu hamil dapat mempengaruhi kesehatan janin. Karena jika kesehatan ibu tidak baik, maka kondisi janin pun bisa mengalami hal yang sama dengan ibu.

Oleh karena itu, penting bagi seorang ibu untuk menjaga kesehatannya demi kebaikan janin yang ada di dalam kandunganya. Hal ini bisa disebut dengan kesehatan wanita yang perlu di jaga.

menjaga kesehatan ibu hamil
menjaga kesehatan ibu hamil

Sementara menjaga kesehatan ibu hamil dapat di lakukan dengan berbagai cara. Berikut adalah beberapa cara untuk menjaga kesehatan ibu hamil, di antaranya meliputi :

Melakukan Olahraga Secara Rutin

Olahraga merupakan salah satu aktivitas yang di lakukan oleh seseorang. Hal ini di lakukan dengan tujuan untuk meningkatkan dan menjaga kesehatan. Namun perlu di ketahui bahwa berolahraga sangat di anjurkan oleh ibu hamil.

Karena menurut peneliti bagi ibu hamil yang melakukan olahraga secara rutin dapat meningkatkan kesehatan bagi ibu dan bayi yang ada di dalam kandunganya. Selain itu, olahraga yang dapat di lakukan oleh ibu hamil ternyata juga memiliki beberapa manfaat yang bisa didapatkan, diantaranya :

  • Memperbaiki sirkulasi dan pernapasan
  • Memperkuat otot dan daya tahan tubuh
  • Mengurangi stres, dan lain sebagainya.
Menjaga Berat Badan

Cara selanjutnya yang dapat di lakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah menjaga berat badan. Berat badan merupakan salah satu hal yang harus di perhatikan oleh wanita. Hal ini dapat berpengaruh pada beberapa hal, termasuk pada ibu yang menjalankan proses kehamilanya.

Jika berat badan bertambah atau terlalu sedikit, hal itu dapat menyebabkan masalah kesehatan yang serius bagi seorang ibu dan janin. Sementara jika ibu hamil kelebihan berat badan, maka kemungkinan besar ibu tersebut terkena penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi selama kehamilan juga meningkat.

Sedangkan ibu hamil yang memiliki berat badan yang terlalu sedikit dapat menandakan bahwa ibu tersebut kurang mengonsumsi makanan bergizi yang cukup. Sehingga ibu yang keukrangan makanan bergizi dapat di khawatirkan bahwa janin dalam kandungan akan kekurangan nutrisi.

Dengan begitu, hal ini akan menyebabkan kesehatan menurun bagi ibu maupun janin yang ada di dalam kandungan.

Apa Saja yang Dapat Di lakukan untuk  Menjaga Kesehatan Ibu Hamil?

Istirahat yang Cukup

Selain menjaga berat badan, ternyata cara selanjutnya yang dapat di lakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil adalah istirahat yang cukup. Hal ini dapat di lakukan dengan tujuan agar ibu hamil tidak merasa terlalu lelah dari biasanya.

Sementara untuk posisi tidur yang baik bagi ibu hamil cukup tidur dengan berbaring miring dan lutut di tekuk. Posisi ini dapat membuat jantung ibu tersebut bekerja lebih mudah, dan dapat membantu mencegah atau mengurangi varises, wasir, dan pembengkakan di kaki Anda.

Sehingga beberapa dokter menganjurkan bahwa ibu hamil sebaiknya melakukan posisi tidur miring ke kiri, karena posisi ini bisa membantu meningkatkan aliran darah ke plasenta.

Oleh karena itu dapat di katakan bahwa dengan istirahat yang cukup merupakan salah satu cara yang dapat di lakukan untuk menjaga ibu saat menjalankan proses kehamilan.

Mengkonsumsi Makanan Bergizi

Mengkonsumsi makanan bergizi merupakan salah satu cara yang dapat di lakukan untuk menjaga kesehatan ibu hamil. Sementara mengkonsumsi makanan bergizi selama menjalankan proses kehamilan dapat meningkatkan perkembangan otak janin, mengurangi risiko berbagai cacat lahir dan berat badan lahir yang sehat.

Baca Juga : Jenis Penyakit yang Mengancam Vagina

Selain itu, beberapa peneliti juga menunjukkan bahwa makanan bergizi juga dapat menurunkan risiko anemia dan berbagai gejala kehamilan yang tidak menyenangkan. Karena dalam hal ini dapat di katakan bahwa dengan mengonsumsi makanan bergizi juga dapat membantu menyeimbangkan perubahan mood yang terjadi selama kehamilan.

Sehingga hal ini dapat memperlancar proses persalinan. Sementara jenis makanan bergizi yang baik untuk dikonsumsi oleh ibu hamil adalah makanan yang memiliki beberapa jenis kandungan. Seperti protein, vitamin C, dan kalsium.

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Berita Unik

Tips & Trik

Berita Viral

Berita Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *