Cepat Tanggap Atasi Gusi Bengkak dan Gusi Bernanah


0
Cepat Tanggap Atasi Gusi Bengkak dan Gusi Bernanah
Cepat Tanggap Atasi Gusi Bengkak dan Gusi Bernanah

Cepat Tanggap Atasi Gusi Bengkak dan Gusi Bernanah – Anda tentu pernah mengalami masalah gusi bengkak, walaupun Anda hanya merasakan hal itu sesekali. Terdapat banyak hal yang perlu Anda lakukan di rumah untuk membantu mengurangi pembengkakan serta meminimalisir rasa ketidaknyamanan tersebut.

Gusi bengkak merupakan gangguan kesehatan yang marak terjadi. Ini akan menimbulkan darah ketika Anda menggosok gigi. Selain timbulnya darah ketika menggosok gigi, gusi bengkak juga menimbulkan bau mulut.

Gusi bengkak juga mempengaruhi jaringan yang menopang gigi serta menahan gigi. Jika awal penyakit gusi bengkak ini tidak segera teratasi, maka periodontitis dapat terjadi. Akibatnya tulang rahang mungkin rusak, serta berisiko sekali gigi rontok karena periodontitis.

Apa Saja Cara Alami yang Dapat Dilakukan?

mengatasi gusi bengkak
mengatasi gusi bengkak

Berkumur Air Lemon

Lemon mengandung antiseptik alami, yaitu asam yang berguna sekali sebagai alkali alami untuk dapat menyeimbangkan kadar pH di dalam mulut Anda. Anda cukup memeras satu buah lemon dan mencampurnya dengan air hangat. Lalu berkumurlah dengan air lemon tersebut, sebanyak tiga kali sehari.

Berkumur Air Garam

Air garam sangat efektif membersihkan karang atau plak pada gigi, juga amat efektif digunakan untuk pengobatan gusi bengkak. Garam mengandung sodium yang dapat menjadi atiseptik alami untuk kesehatan mulut Anda. Anda cukup mencampurkan air dan garam, lalu jadikan obat kumur setiap setelah menggosok gigi.

Mengoleskan Belimbing Wuluh

Belimbing wuluh terbukti efektif membasmi bakteri yang bersemayam di dalam mulut Anda. Anda cykup menumbuk belimbing wuluh lalu oleskan ke bagian gusi yang bengkak.

Berkumur-kumur Air Rebusan Daun Jambu Biji

Cara efektif lainnya yaitu berkumur-kumur dengan air rebusan daun jambu biji, Anda dapat merebus beberapa lembar daun jambu biji lalu gunakan air rebusan tersebut untuk berkumur-kumur.

Bagaimana jika gusi tersebut bernanah?

Cairan kental yang mengandung banyak sekali jaringan mati, sel dan bakteri merupaka pengertian dari nanah. Umumnya berwarna putih kekuningan, kehijauan, hingga kuning kecoklatan dan berbau amat busuk. Nanah muncul karena area tertentu mengalami peradangan saat terjadi infeksi.

Abses gigi dapat menyebabkan adanya nanah pada gusi, disebabkan karena adanya infeksi bakteri serta menimbulkan rasa sakit berdenyut. Penyebab utama adalah karena kebersihan mulut yang tidak terjaga dengan baik serta gigi kekurangan perawatan.

Itu semua membuat gigi mudah berlubang dan terinfeksti bakteri. Infeksi yang terjadi dapat menyebar ke seluruh area sekitar gusi dan terjadilah pengumpulan nanah pada gusi Anda.

Nanah yang terdapat di gusi biasanya berasal dari abses gigi, yang disebabkan adanya infeksi bakteri dan menimbulkan rasa sakit berdenyut. Bagaimana cara mengobatinya? Mari kita simak langkah-langkah yang dapat Anda lakukan  di bawah ini.

  1. Menguras nanah dari gusi hingga kering, dapat dilakukan dengan cara menusuk abses atau dengan membuat lubang kecil pada gigi agar nanah mengalir keluar
  2. Melakukan pembersihan kantong nanah pada gusi (dilakukan oleh dokter gigi).
  3. Setelah itu, biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik oral.
  4. Apabila nanah belum kunjung menghilang, Anda dapat berkonsultasi kembali ke dokter gigi.

Bagaimana cara alami untuk mencegah gusi bengkak?

Sebelum melakukan cara mengobati sakit gigi, tentu akan lebih baik berada di fase pencegahan. Apa saja pencegahan yang dapat kita lakukan?

  1. Anda harus menyikat gigi setidaknya dua kali sehari, gunakan benang gigi secara teratur.
  2. Anda juga harus memastikan bahwa pasta gigi dan obat kumur Anda tidak mengiritasi gusi.
  3. Hindarilah produk tembakau atau rokok.
  4. Hindarilah Minuman beralkohol.
  5. Batasi makanan dan minuman manis.
  6. Batasi konsumsi popcorn, karena dapat bersarang di antara gigi dan gusi.
  7. Tambah buah dan sayuran ekstra ke makanan yang Anda konsumsi sehari-hari.

Baca Juga : Cara untuk Meredakan Gusi Bengkak

Seluruh hal yang berkaitan dengan gigi dan mulut tersebut dapat dicegah dengan senantiasa menjaga kebersihannya. Anda harus membiasakan diri untuk menyikat gigi secara teratur, mengganti sikat gigi setiap sebulan dan melakukan flossing memakai dental floss atau benang gigi.

Membersihkan lidah, termasuk dalam menjaga kesehatan mulut. Anda harus menghindari minuman atau makanan yang mengandung gula tinggi dan berhentilah merokok. Itu semua merupakan tindakan pencegahan yang dapat meningkatkan kesehatan gigi dan mulut Anda.

Baca Juga : Cara Mengobati Sakit Gigi Berlubang

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Berita Unik

Tips & Trik

Berita Viral

Berita Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *