Jenis Penyakit Autoimun yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Wanita


0
Jenis Penyakit Autoimun yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Wanita
Jenis Penyakit Autoimun yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Wanita

Jenis Penyakit Autoimun yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Wanita – Autoimun merupakan salah satu penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan wanita.

Sedangkan penyakit autoimun adalah suatu kondisi ketika sistem kekebalan seseorang menyerang tubuhnya sendiri. Sedangkan sistem kekebalan ini melindungi tubuh dari serangan organisme asing, seperti bakteri atau virus.

Namun, bagi seseorang yang terdeteksi penyakit autoimun, sistem kekebalan sel tubuh yang sehat dapat di sebut sebagai organisme asing. Sehingga sistem kekebalan ini akan mengeluarkan protein yang disebut autoantibodi untuk menyerang sel tubuh yang sehat.

penyakit autoimun
penyakit autoimun

Beberapa peneliti menunjukkan bahwa tingkat penyakit autoimun terus meningkat selama kurang lebih 29 tahun terakhir. Hal ini menunjukkan bahwa jumlah orang yang terkena dampak bisa mencapai sekita puluhan juta.

Sementara penyakit ini di katakan ada, mulai dari yang ringan hingga parah. Sehingga Autoimun di kenal sebagai jenis penyakit yang dapat melumpuhkan atau bahkan mengancam nyawa seseorang.

Sedangkan penyakit jenis ini bisa terjadi karena faktor genetik atau penyakit yang diturunkan oleh keluarga. Namun penelitian menunjukkan bahwa penyakit ini juga bisa di sebabkan oleh beberapa faktor. seperti pola makan, faktor lingkungan, virus, bakteri, dan bahkan stres.

Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk mengetahui tentang jenis penyakit Autoimun yang dapat mempengaruhi kesehatan wanita. Hal ini bisa Anda temukan pada artikel yang kami jelaskan di bawah ini, diantaranya sebagai berikut :

Multiple Sclerosis (MS)

Jenis penyakit Autoimun pertama adalah Multiple Sclerosis (MS). Sedangkan Multiple Sclerosis (MS) ini di kenal sebagai penyakit sistem saraf pusat yang dapat mempengaruhi selubung mielin yang menutupi dan melindungi saraf dan mengganggu transmisi sinyal ke otak.

Seseorang yang mengalami penyakit Multiple Sclerosis (MS), tentunya ada beberapa gejala yang di rasakan oleh penderita tersebut. Seperti kebutaan pada satu mata, penglihatan kabur atau ganda, dan lain sebagainya.

Baca Juga : Beberapa Gejala dari Penyakit Autoimun

Selain itu, penyakit ini juga dapat menyebabkan masalah kognitif seperti kesulitan dengan memori dan dapat menyebabkan kelemahan otot yang parah. Namun perlu di ketahui bahwa dampak paling buruk akibat penyakit Multiple Sclerosis adalah menyebabkan kelumpuhan parsial atau total.

Apa Saja Jenis Penyakit Autoimun yang Dapat Mempengaruhi Kesehatan Wanita?

Psoriasis

Jenis penyakit Autoimun selanjutnya adalah Psoriasis. Penyakit Psoriasis merupakan salah satu penyakit yang dapat menyebabkan sel kulit menumpuk lebih cepat dari biasanya. Sel-sel yang menumpuk secara berlebih ini membentuk sisik yang berwarna merah, tidak rata dan terkadang menyakitkan.

Seseorang yang terdeteksi penyakit Psoriasis, tentunya mengalami beberapa gejala. Seperti adanya bintik bersisik,  kuku menebal, dan merasakan sakit pada sendi. Meskipun psoriasis lebih sering terjadi pada wanita daripada pria. Namun penelitian menemukan bahwa gejala dari penyakit Psoriasis yang di alami oleh pria biasanya lebih parah.

Penyakit Tiroid

Selain Psoriasis, ternyata Tiroid juga merupakan salah satu jenis penyakit Autoimun. Tiroid di kenal sebagai penyakit yang dapat mempengaruhi kesehatan wanita. Penyakit Tiroid yang disebabkan oleh Graves dapat menghasilkan hormon tiroid yang berlebihan (hipertiroidisme).

Kondisi ini bisanya terjadi pada seseorang yang berusia antara usia 30 hingga 50 tahun. Sedangkan penyakit Graves yang dapat menyebabkan munculnya Tiroid juga memiliki kondisi yang di kenal sebagai ophthalmopathy Graves.

Sementara ophthalmopathy Graves merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan pembengkakan atau radang mata dan sensitivitas cahaya serta penglihatan ganda, dan sakit mata.

Oleh karena itu, jika penyakit ini tidak di obati, maka Graves dapat menyebabkan masalah serius pada tubuh. Termasuk tulang menipis dan osteoporosis serta dapat masalah yang berhubungan dengan jantung.

Baca Juga : Pola hidup sehat Mengatasi 3 Masalah Kesehatan Utama

Penyakit Lupus

Lupus juga merupakan salah satu jenis penyakit Autoimun  yang dapat mengancam kesehatan wanita. Pada umumnya penyakit ini dapat menyerang seseorang pada usia antara 15 dan 44 tahun.

Penyakit lupus dapat menyerang dan merusak beberapa bagian tubuh. Seperti persendian, kulit atau organ tubuh lainnya. Seseorang yang menderita penyakit lupus, tentunya akan mengalami beberapa gejala ringan. Seperti kelelahan yang tidak di ketahui penyebabnya, berat badan turun secara tiba – tiba, dan lain sebagainya.

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Berita Unik

Tips & Trik

Berita Viral

Berita Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *