Jenis Penyakit yang Mengancam Vagina


0
2 comments
Jenis Penyakit yang Mengancam Vagina
Jenis Penyakit yang Mengancam Vagina

Jenis Penyakit yang Mengancam Vagina – Penyakit merupakan salah hal yang selalu di khawatirkan oleh seseorang. Sementara penyakit ini dapat mengancam berbagai oragan di tubuh, salah satunya adalah vagina. Sedangkan vagina merupakan salah satu bagian dari sistem kewanitaan. Di mana vagina berfungsi sebagai saluran ke rahim, dengan labia dan vulva sebagai tempat masuknya.

Di ujung dalam, vagina terhubung langsung ke leher rahim atau di sebut dengan serviks. Selain itu, vagina juga di gunakan oleh tubuh untuk melepaskan menstruasi yang dimulai di rahim.

Oleh karena itu, sangat penting bagi setiap wanita untuk selalu menjaga agar tidak ada penyakit yang dapat menyerang kewanitaanya, di mana hal ini merupakan kesehatan wanita.

Namun perlu di ketahui bahwa penyakit mengancam vagina wanita, tidak hanya dari satu atau dua jenis penyakit saja. Akan tetapi, ada beberapa jenis penyakit yang dapat mengancam pada vagina wanita, jika tidak dirawat dengan baik. Berikut adalah jenis penyakit yang dapat mengancam pada vagina, diantaranya meliputi :

Penyakit yang Mengancam Vagina Herpes

Herpes merupakan salah satu penyakit yang mengancam vagina, dimana herpes ini muncul di sebabkan oleh infeksi virus. Sementara seseorang yangdiserang oleh penyakit herpes akan mengalami suatu gejala yang akan muncul antara 3 hingga 9 hari setelah berhubungan seksual dengan penderita yang sebelumnya telah terinfeksi virus herpes.

Sedangkan gejala ini bisa berupa lecet yang kemudian membuka menjadi lubang-lubang kecil dan berair. Namun perlu di ketahui bahwa virus yang dapat menyebabkan munculnya penyakit herpes terdiri dari dua jenis virus yaitu Herpes Simplex Virus (HSV) 1 dan HSV 2.

penyakit mengancam vagina
penyakit mengancam vagina
Keputihan yang tidak normal

Penyakit yang mengancam vagina wanita selanjutnya adalah keputihan yang tidak normal. berbeda dengan keputihan normal, di mana keputihan ini bermanfaat dalam melembabkan, membersihkan, dan mencegah infeksi pada vagina.

Sedangkan keputihan yang tidak normal merupakan salah satu hal yang dapat menyebabkan pertanda adanya masalah pada kesehatan vagina. Sementara keputihan jenis ini biasanya keputihan yang keluar berupa cairan yang berwarna kehijauan, kuning atau putih.

keputihan yang tidak normal disertai dengan bau yang tidak sedap, merasa gatal, nyeri di sekitar perut bagian bawah,

dan nyeri saat berhubungan seksual.

ini bisa terjadi karena di sebabkan oleh beberapa faktor, seperti terjadinya peradangan pada vagina (vaginitis) dan mulut serviks (servisitis) yang dapat di pengaruhi oleh infeksi bakteri, dan jamur.

Oleh karena itu, jika mengalami keputihan yang tidak normal seperti yang sudah di jelaskan di atas. Maka sebaiknya konsultasikan ke dokter, karena dengan keputihan tidak normal dapat menyebabkan beberapa penyakit yang akan menyerang pada kewanitaan.

Apa Saja Jenis Penyakit yang Mengancam Vagina?

Penyakit Vagina Gonorrhea

Gonorrhea merupakan salah satu penyakit kelamin yang di sebabkan oleh infeksi bakteri gonokokus. Hal ini merupakan salah satu jenis penyakit yang mengancam vagina, di mana penyakit Gonorrhea biasanya terjadi pada wanita yang aktif secara seksual di bawah usia 25 tahun.

Sementara seseorang yang terancam oleh penyakit tersebut akan mengalami beberapa gejala seperti keputihan berbau tidak sedap, nyeri saat buang air kecil, dan lain sebagainya. Namun terkadang ada juga bahwa seseorang yang mengalami penyakit jenis ini tidak merasakan gejala atau tanda apa pun.

Sehingga banyak orang yang tidak menyadari bahwa mereka mengidap penyakit Gonorrhea. Oleh karena itu, beberapa peneliti menunjukkan bahwa kurang lebih 60% orang yang terinfeksi Gonorrhea tidak menunjukkan tanda dan gejala apa pun.

Baca Juga : Obat jamur candida pada kelamin wanita

Penyakit Vagina Chlamydia

Dari beberapa jenis penyakit di atas, ternyata Chlamydia juga merupakan salah satu penyakit yang mengancam vagina. Sedangkan Chlamydia adalah jenis penyakit mengancam vagina yang sering terjadi pada wanita di bawah usia 25 tahun.

Sementara seseorang yang mengalami penyakit tersebut akan timbul sebuah gejala seperti nyeri punggung bawah, pendarahan vagina di luar siklus menstruasi, dan lain sebagainya. Sedangkan gejala ini pertama kali muncul dalam beberapa minggu setelah berhubungan seks dengan pasangan yang terinfeksi.

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Unik

Tips & Trik

Viral

Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
2 comments
Admin Viral

2 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *