Mengobati Gigi Ngilu Akibat Gusi Bengkak


0
Mengobati Gigi Ngilu Akibat Gusi Bengkak
Mengobati Gigi Ngilu Akibat Gusi Bengkak

Mengobati Gigi Ngilu Akibat Gusi Bengkak – Apakah Anda pernah tiba-tiba merasakan gigi ngilu saat menyantap makanan dingin ataupun panas? Jika iya, maka kemungkinan Anda sedang mengalami gejala gigi sensitif.

Hal itu terjadi karena paparan langsung rangsangan luar terhadap saraf yang terbuka akibat hilangnya enamel gigi. Banyak faktor yang menyebabkan gigi Anda tiba-tiba merasa ngilu. Berikut adalah faktor penyebab lainnya gigi ngilu, meliputi :

Terkikisnya lapisan enamel gigi

Terkikisnya enamel gigi di sebabkan oleh terlalu seringnya mengonsumsi makanan yang memiliki kandungan asam tinggi. Terlebih jika yang Anda konsumsi adalah permen asam dengan tekstur yang lengket, itu sangat berbahaya bagi enamel.

Karena tanpa disadari sisa-sisa permen yang Anda konsumsi masih menempel di gigi dan akhirnya sedikit demi sedikit mengikis lapisan enamel. Selain makanan asam, menyikat gigi terlalu keras juga dapat menyebabkan lapisan enamel ini makin menipis.

Gigi berlubang

Kondisi gigi berlubang juga sangat mungkin menjadi penyebabnya, karena memang salah satu gejala yang di timbulkan akibat gigi berlubang adalah rasa ngilu dan nyeri yang tak tertahankan. Umumnya gigi berlubang di sebabkan oleh infeksi kuman maupun bakteri.

Gigi mengalami keretakan

Gigi retak bisa di sebabkan oleh banyak hal, entah itu karena benturan saat terjadi kecelakaan atau kebiasaan mengunyah dan menggigit makanan yang terlalu keras. Ketika gigi Anda mengalami keretakan hal itu memungkinkan akar gigi terekspos langsung dengan rangsangan dari lingkungan luar, sehingga hal itu dapat menyebabkan gigi yang terasa ngilu.

Resesi gusi

Resesi gusi adalah peristiwa dimana gusi mengalami penurunan, sehingga mengakibatkan terbukanya akar gigi. Umumnya resesi gusi terjadi akibat faktor usia, namun tidak menuntut kemungkinan hal lain juga bisa menjadi pemicu terjadinya resesi pada gusi Anda.

Gusi bengkak

Gangguan lain pada gusi yang bisa menyebabkan gigi terasa ngilu selain resesi yaitu pembengkakan pada gusi atau peradangan. Gangguan ini terjadi akibat plak yang menumpuk di gigi.

Jika peradangan pada gusi ini tidak segera di tangani dengan benar, selain berakibat pada rasa ngilu yang berkepanjangan juga dapat menyebabkan periodontitis, yaitu suatu keadaan di mana infeksi gusi sudah sangat serius sehingga mengakibatkan rusaknya gusi dan hancurnya tulang rahang.

Itu adalah beberapa hal yang menyebabkan gigi Anda terasa ngilu. Jadi telah di ketahui bahwa gigi ngilu juga dapat di sebabkan oleh peradangan atau pembengkakan pada gusi. Lalu bagaimana cara mengobati sakit gigi? Berikut kami berikan ulasan mengenai bagaimana mengobati gigi ngilu akibat gusi yang bengkak.

mengobati gigi ngilu
mengobati gigi ngilu

Bagaimana mengobati gigi ngilu akibat gusi bengkak?

Paracetamol

Untuk mendapakatkan obat ini Anda tidak perlu menggunakan resep dokter. Obat ini banyak di jual di apotek maupun toko-toko sekitar rumah Anda.

Paracetamol memiliki fungsi untuk meredakan rasa ngilu pada gigi. Jadi jika Anda merasakan ngilu yang tak tertahankan pada gigi Anda, sebaiknya cepat konsumsi obat ini, jangan lupa perhatikan dosis dan cara pakainya yang tertera di kemasan!

Ibuprofen

Obat ini masuk dalam gongan (NSAID) yang selain untuk mengobati rasa nyeri dan ngilu, obat ini juga berfungsi meredakan peradangan. Dosis obat ini lebih kuat jika di banding dengan paracetamol. Perhatikan dengan seksama cara penggunaannya, jangan menyimpang dari petunjuk yang di jelaskan dan di muat pada kemasan!

Berkumurlah dengan hidrogen peroksida

Antiseptik ini banyak di gunakan untuk membunuh bakteri penyebab peradangan pada gusi. Gigi ngilu akibat gusi bengkak dapat di atasi dengan berkumur menggunakan antiseptik ini. Caranya terbilang cukup mudah, Anda hanya tinggal menghangatkan air putih, lalu campurkan air hangat tersebut dengan ciran hidrogen peroksida 3% sebanyak dua tutup botol.

Baca Juga : Perlu Di ketahui! Cara Mengatasi Ngilu pada Gigi

Kemudian berkumurlah dengan menggunakan campuran tersebut! Perlu Anda ingat, jangan menggunakan langsung cairan antiseptik ini! Karena jika tanpa mencampurnya terlebih dulu dengan air, maka gusi dan mulut Anda bisa mengalami luka.

Gunakan pasta gigi khusus gigi ngilu

Pasta gigi yang khusus di gunakan untuk gigi ngilu memiliki kandungan senyawa strotium klorida dan potasium nitrat. Senyawa-senyawa tersebut terbukti efektif untuk meredakan rasa ngilu pada gigi, selain itu juga berguna untuk menjaga dan melindungi sistem saraf gigi Anda.

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Berita Unik

Tips & Trik

Berita Viral

Berita Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *