Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya


0
Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya
Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya

Penyebab Gigi Berlubang dan Cara Mengatasinya – Gigi berlubang merupakan suatu kondisi di mana gigi mengalami kerusakan yang mengikis bagian luarĀ  hingga bagian dalam gigi, sehingga membentuk lubang. Tidak sedikit orang yang memiliki gigi berlubang mengalami sakit/nyeri pada gigi.

Penyebab gigi berlubang
Penyebab gigi berlubang

Gigi berlubang di kenal sebagai salah satu faktor penyebab seseorang akan mengalami sakit gigi. Sehingga penting untuk mengetahui cara mengobati sakit gigi. Sementara gigi berlubang dapat di sebabkan oleh beberapa faktor. Berikut adalah beberapa penyebab yang mengakibatkan gigi berlubang, di antaranya meliputi :

Jarang Menyikat Gigi

Penyebab gigi berlubang yang pertama adalah jarang menyikat gigi. Menyikat gigi merupakan salah satu hal yang harus di lakukan oleh setiap orang. Hal ini di lakukan dengan tujuan untuk menjaga kebesihan dan kesehatan gigi serta menghindari bau pada mulut.

Namun, saat Anda jarang dan malas menyikat gigi. Maka bakteri dan kuman dari sisa makanan akan berkembang biak dengan cepat, sehingga bisa menyebabkan gigi berlubang. Menyikat gigi biasanya di lakukan minimal sebanyak 2 kali dalam sehari.

Sering Mengkonsumsi Makanan Manis

Penyebab gigi berlubang selanjutnya yang tidak bisa di hindari oleh seseorang adalah mengkonsumsi makanan manis. Makanan dengan rasa manis adalah salah satu makanan yang banyak di sukai oleh seseorang, terutama bagi anak.

Namun jika terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan rasa manis. Maka makanan tersebut mudah bersarang di mulut. Sehingga bakteri yang tumbuh akan mengubah zat ini menjadi asam laktat yang kemudian mulai mengikis gigi secara perlahan.

Oleh sebab itu, jika tidak ingin memiliki gigi berlubang. Sebaiknya hindari makanan yang banyak memiliki kandungan gula.

Mulut Kering

Mulut kering adalah kondisi mulut saat air liur rendah, di mana kondisi ini dapat meningkatkan risiko kerusakan pada gigi. Sementara air liur memiliki kandungan yang dapat membantu mencegah kerusakan gigi. Sebab, air lir berfungsi untuk membersihkan makanan dari gigi.

Namun perlu diketahui bawa zat yang terdapat pada air liur juga dapat melawan asam yang di hasilkan oleh bakteri. Jika Anda ingin menghindari kerusakan yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Menjaga mulut agar tidak kering adalah salah satu solusi yang dapat di lakukan untuk menghindari gigi berlubang.

Kurangnya Asupan Fluorida

Kurangnya asupan fluorida merupakan salah satu faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Fluorida adalah mineral yang terjadi secara alami. Hal ini dapat membantu mencegah gigi berlubang. Sehingga jika Anda kekurangan asupan fluorida, kemungkinan besar akan terjadi kerusakan gigi.

Kerusakan gigi tentunya akan mengakibatkan gigi berlubang. Oleh sebab itu, mencukupi asupan fluorida merupakan salah satu hal tebaik yang bisa Anda lakukan. Tujuanya agar gigi tetap terjaga dan terhindar dari gigi berlubang.

Bagaimana Cara Mengatasi Gigi Berlubang?

Setelah di jelaskan mengenai faktor yang dapat menyebabkan gigi berlubang. Cara untuk mengatasinya tentunya adalah hal penting yang perlu di ketahui. Pada pembahasan kali ini, simak artikel di bawah ini untuk mengetahui cara mengatasi gigi berlubang, meliputi :

Tambal Gigi

Cara mengatasi gigi berlubang yang pertama adalah tambal gigi. Tambal gigi dapat di lakukan dengan cara gigi harus di bor untuk menghilangkan bagian yang rusak. Setelah itu gigi akan di tambal menggunakan bahan seperti perak, emas, atau lain sebagainya. Tambal gigi adalah salah satu cara yang dapat di lakukan untuk mengatasi gigi berlubang.

Baca Juga : Cara untuk Mengatasi Gigi Berlubang

Melakukan Pencabutan Gigi

Cara lain yang dapat di lakukan untuk mengatasi gigi berlubang adalah melakukan pencabutan pada gigi. Pencabutan gigi di lakukan jika kerusakan gigi sudah sangat parah. Sehingga tidak dapat di balik dan harus dicabut.

Sementara gigi yang dicabut akan menyisakan ruang atau celah yang memungkinkan gigi lainnya bergeser. Oleh sebab itu, kami sarankan jika ingin mengatasi gigi berlubang melalui pencabutan gigi. Sebaiknya lakukan pada dokter ahli profesional agar gigi yang di cabut tetap terlihat rapi.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai faktor penyebab gigi berlubang dan cara mengatasinya. Terimakasih sudah mengunjungi, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Berita Unik

Tips & Trik

Berita Viral

Berita Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *