Tips Mencegah Keputihan pada Wanita


0
Tips Mencegah Keputihan pada Wanita
Tips Mencegah Keputihan pada Wanita

Tips Mencegah Keputihan pada Wanita- Keputihan atau bisa disebut dengan fluor albus merupakan salah satu gejala gangguan kelamin yang dialami oleh setiap wanita. Sementara keputihan ini keluar dari alat kelamin wanita dengan berupa cairan yang berwarna putih atau kekuningan-kuningan.

Sedangkan salah satu faktor penyebab keluarnya keputihan ini adalah penggunaan obat-obatan tertentu seperti pil KB, IUD, dan lain sebagainya. Sehingga perlu di waspadai jika keputihan yang di alami oleh wanita bisa mengeluarkan cairan yang berwarna kuning atau hijau keabu-abuan dan berbau dengan jumlahnya banyak.

Hal ini dapat menimbulkan rasa tidak nyaman seperti gatal dan perih pada alat kelamin wanita.Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mencegah keputihan yang keluar berupa cairan. Hal ini dapat dilakukan dengan tujuan untuk menghindari rasa gatal dan perih. Sementara dalam mencegah keputihan bukan lah hal yang mudah dilakukan.

Akan tetapi harus berhati – hati dalam memperhatikan beberapa hal untuk mencegah keluarnya cairan tersebut. Berikut akan kami jelaskan pada artikel terbaru mengenai tips mencegah keputihan pada wanita, diantranya meliputi :

Apa Saja Tips Mencegah Keputihan pada Wanita?

Membersihkan Vagina Secara Teratur

Tips pertama yang perlu dilakukan untuk mencegah keputihan adalah membersihkan vagina secara teratur. Sedangkan menjaga kebersihan vagina adalah hal penting yang harus di lakukan oleh setiap wanita. Hal ini dapat dilakukan dengan tujuan agar terhindar dari keputihan yang di akibatkan oleh infeksi berbagai bakteri.

Selain itu, ini juga merupakan salah satu penentu mengenai penyakit yang akan terjadi pada kesehatan wanita. Karena dengan menjaga kebersihan vagina, tentunya penyakit berbahaya yang berhubungan dengan alat kelamin tidak mudah menyerang.

Akan tetapi sebaliknya, jika tidak menjaga kebersihan pada alat kelamin, maka berbagai jenis penyakit berbahaya akan lebih mudah menyerang. Oleh karena itu, perlu diketahui bahwa membersihkan vagina tidak lah mudah.

Karena beberapa peneliti menunjukkan jika membersihkan vagina dengan menggunakan sabun mandi, maka akan mengganggu keseimbangan pH dan menyebabkan iritasi pada vagina. Sedangkan sabun mandi biasa cenderung memiliki pH sekitar 7 hingga 8.

Sehingga dapat dikatakan bahwa untuk membersihkan alat kelamin dapat dilakukan dengan cara menggunakan air bersih saja. Tanpa menggunakan sabun atau pun bahan – bahan lainnya. Hal ini dapat di lakukan dengan tujuan agar juga terhindar dari iritasi dan alergi yang akan menyerang vagina.

Mengkonsumsi Makanan Sehat

Mengkonsumsi makanan sehat merupakan salah satu hal penting yang harus di lakukan oleh setiap orang. Sementara makanan yang sehat adalah makanan yang memiliki kandungan vitamin lengkap, seperti sayur dan buah – buahan.

Sedangkan sayur dan buah – buahan dikenal sebagai makanan sehat karena memiliki banyak kandungan vitamin, seperti kalsium, vitamin c, zat yang tinggi dan lain sebagainya. Oleh karena itu, dengan beberapa kandungan yang ada pada buah dan sayur dapat di katakan bahwa makanan ini sangat baik di konsumsi.

Selain itu, dengan mengkonsumsi makanan tersebut juga dapat mencegah terjadinya beberapa penyakit, bahkan makanan sehat ini juga dapat mencegah terjadinya keputihan pada wanita.

Sehingga ditunjukkan dalam sebuah studi bahwa dengan mengkonsumsi makanan sehat dan cairan yang cukup dapat menjaga kesehatan reproduksi sekaligus dan mencegah keputihan yang tidak normal. Karena salah satu buah yang memiliki banyak kandungan vitamin, seperti buah cranberry atau yogurt bisa mencegah bakteri tumbuh di vagina.

Bagaimana Mencegah Keputihan dengan Menggunakan Pakaian Dalam Tidak Ketat ?

Menggunakan Pakaian Dalam Tidak Terlalu Ketat

Tips selanjutnya yang dapat di lakukan untuk mencegah keputihan adalah menggunakan pakaian dalam yang tidak terlalu ketat. Pakaian merupakan salah satu hal penting yang harus di perhatikan.

Karena dengan menggunakan pakaian yang ketat akan membuat alat kelamin tidak nyaman. Sehingga hal ini akan menyebabkan beberapa hal, salah satunya adalah keluarnya keputihan. Oleh karena itu, untuk mencegah keputihan pada wanita, sebaiknya hindari pakaian dalam yang terlalu ketat atau bisa juga disebut dengan sempit.

Selain itu, perlu di ketahui bahwa dalam menggunakan pakaian dalam harus dapat menggantinya secara rutin minimal sebanyak tiga kali dalam sehari. Hal ini dapat di lakukan dengan tujuan untuk menjaga kelembapan area kewanitaan Anda.

Agar dapat menurunkan resiko terjadinya keputihan. Selain itu, hal ini juga dilakukan untuk menghindari dari berbagai jenis penyakit yang akan menyerang vagina.

Hindari Membersihkan Vagina dengan Produk Berbahan Kimia

Membersihkan vagina merupakan salah satu hal penting yang harus di lakukan oleh setiap wanita. Hal ini dapat dilakukan dengan tujuan agar terhindari dari kuman atau bakteri. Sementara dalam hal ini tidak sedikit wanita yang membersihkan vagina dengan menggunakan berbagai produk yang mengandung bahan kimia.

Baca Juga : 6 Tips Melancarkan Haid Secara Alami

Karena pada faktanya tidak sedikit wanita yang mengetahui bahwa membeersihkan vagina dengan berbagai jenis produk juga bisa berdampak buruk pada vagina. Sehingga jika membersihkan dengan menggunakan produk pembersih vagina, apalagi tanpa anjuran dokter, maka keseimbangan bakteri baik di sekitar vagina bisa terganggu.

Hal tersebut dapat menyebabkan pertumbuhan bakteri jahat menjadi semakin pesat. Sehingga keputihan yang berbau amis tidak dapat lagi dihindari. Oleh karena itu, jika tujuanya untuk mencegah dan terhindar dari munculnya keputihan yang keluar berupa cairan. Maka sebaiknya hindari membersihkan vagina dengan menggunakan produk yang berbahan kimia.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat kami jelaskan mengenai tips yang dapat dilakukan untuk mencegah keputihan pada wanita, semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Unik

Tips & Trik

Viral

Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *