Tips Mengatasi Gusi Bengkak


0
Tips Mengatasi Gusi Bengkak
Tips Mengatasi Gusi Bengkak

Tips Mengatasi Gusi Bengkak- Gusi bengkak adalah gangguan yang umum terjadi hampir disemua orang. Selain menyebabkan rasa sakit, gusi bengkak juga sangat mengganggu aktifitas makan minum kita,

sehingga ketika mengalami gangguan ini kita cenderung malas untuk makan.

Gusi sendiri adalah jaringan yang terdapat di dalam mulut, tepatnya menutupi area tulang rahang, memiliki ciri berwarna merah muda, berserabut, tebal dan penuh dengan pembuluh darah.

Ketika gusi ini mengalami pembengkakan, maka warnanya akan menjadi lebih merah.

Dalam dunia medis kondisi seperti ini di sebut dengan gingitis atau dalam istilah indonesianya peradangan gusi. Sebelum kita membahas mengenai apa saja tips mengatasi gusi bengkak, Anda perlu tahu lebih dulu faktor apa yang menyebabkan peradangan pada gusi.

Tips Mengatasi Gusi Bengkak

Peradangan pada gusi bisa di sebabkan beberapa faktor, diantaranya yaitu kebiasaan merokok, infeksi virus ataupun jamur dan yang paling umum terjadi yaitu disebabkan oleh penumpukan plak pada gigi.

mengatasi gusi bengkak
mengatasi gusi bengkak

Plak bukanlah bagian alami dari gigi, itu adalah kumpulan dari partikel makanan yang menumpuk di sela-sela gigi sehingga menjadi sarang bagi bakteri. Oleh karena itu untuk mencegah terjadinya peradangan pada gusi, Anda di sarankan untuk rajin menyikat gigi, lakukan setidaknya dua kali dalam sehari.

Gunakan pula benang gigi untuk membersihkan area sempit di gigi agar tidak terjadi penumpukan sisa makanan yang nantinya bisa menjadi plak dan karang gigi. Berikut tips mengatasi gusi bengkak, meliputi :

Aplikasikan minyak cengkeh pada gusi bengkak

Tahukah Anda bahwa minyak cengkeh memiliki khasiat yang dapat mengurangi peradangan.

Cengkeh mengandung bahan aktif eugenol yang di ketahui memiliki sifat anti-inflamasi sehingga mampu untuk meredakan rasa nyeri dan mengobati pembengkakan pada gusi Anda.

Anda cukup berkumur dengan air yang sebelumnya telah di tetesi minyak cengkeh atau jika Anda ingin cara yang lebih praktis,

cukup oleskan saja minyak cengkeh ke area gusi yang mengalami peradangan.

Berkumur dengan air jahe

Bahan selanjutnya adalah jahe, kandungan jahe memiliki khasiat anti-bakteri sehingga mampu untuk membunuh bakteri. Anda bisa menggunakan air jahe ini untuk meredakan gusi yang bengkak.

Ambil beberapa jahe lalu peras, selanjutnya air hasil perasan dari jahe tersebut dapat Anda campur dengan sedikit air lalu gunakan untuk berkumur. Pastikan air jahe tersebut menyentuh area gusi Anda yang bengkak.

Gunakan rebusan air serai

Bahan dapur yang satu ini dikenal secara umum dengan nama sereh. Banyak khasiat yang di kandungnya, salah satunya juga dapat digunakan untuk mengatasi peradangan pada gusi.

Caranya cukup mudah saja, ambil beberapa tangkai sereh, lalu rebuslah dengan air beberapa menit,

setelah itu gunakan air hasil rebusan tersebut untuk berkumur.

Bagaimana mengatasi sakit gigi akibat gusi bengkak?

Gunakan getah jarak

Tanaman yang memiliki nama ilmiah Ricinus communis ini memiliki segudang manfaat untuk tubuh. Getah jarak memiliki banyak kandungan yang bersifat anti-bakteri, anti-oksidan dan anti-inflamasi,

serta menurut hasil penelitian yang telah di lakukan terhadap tanaman ini, ditemukan fakta bahwa getah jarak mengandung fitofarmaka bernama alkaloid.

Ini sangat cocok untuk digunakan sebagai cara mengobati sakit gigi akibat gusi bengkak.

Cara menggunakannya pun terbilang sangat praktis, Anda tidak perlu mencampurnya dengan bahan lain maupun harus merebusnya terlebih dulu, melainkan cukup dengan langsung mengoleskannya ke area gigi yang nyeri.

Baca Juga : Perlu Anda Ketahui, Cara Mengatasi Sakit Gigi

Gunakan biji asam jawa

Asam jawa adalah salah satu buah yang memiliki kadar asam yang cukup tinggi. Asam jawa juga mengandung vitamin B kompleks yang memiliki peranan sangat penting untuk kesehatan gigi dan mulut Anda.

Karena kandungan yang terdapat pada asam asam jawa tidak hanya vitamin B kompleks saja,

melainkan masih banyak kandungan lainnya, sehingga membuat asam jawa sangat cocok untuk digunakan sebagai perawatan mulut.

Beberapa fungsi asam jawa yaitu untuk menghilangkan karang dan plak gigi, mengobati gigi berlubang dan meredakan rasa nyeri akibat sakit gigi,

memutihkan gigi kuning dan kusam, menghilangkan noda pada gigi serta meredakan peradangan pada gusi. Cara pengaplikasiannya yaitu dengan menghaluskan biji asam jawa lalu oleskan pada area gigi yang bermasalah.

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Berita Unik

Tips & Trik

Berita Viral

Berita Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *