Tips Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi


0
6 Tips Mengatasi Nyeri Saat Menstruas
6 Tips Mengatasi Nyeri Saat Menstruas

6 Tips Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi- Menstruasi atau disebut dengan haid merupakan salah satu hal yang terjadi pada wanita. Sementara haid ini adalah proses keluarnya darah dari vagina yang terjadi akibat siklus bulanan alami pada seorang wanita. Sedangkan siklus ini merupakan salah satu proses organ reproduksi wanita untuk mempersiapkan kehamilan.

Sementara bagi wanita yang haid akan mengalami beberapa gejala yaitu perut tidak terasa nyaman, merasa lelah, pusing dan lain sebagainya. Sementara dalam hal ini bahwa tidak sedikit wanita yang merasakan nyeri pada pinggang maupun perut saat mengalami menstruasi. Namun, terkadang kita tidak bisa menghindari datangnya nyeri saat haid.

Oleh karena itu, pada artikel Kesehatan Wanita akan kami jelaskan mengenai tips yang dapat di lakukan untuk mengatasi haid atau menstruasi. Sementara dalam mengatasi hal tersebut, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut adalah tips untuk mengatasi nyeri saat menstruasi, diantaranya meliputi :

Apa Saja Tips Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi?

Mengkonsumsi Minuman Hangat

Tips pertama yang perlu di lakukan untuk mengatasi nyeri saat haid adalah mengkonsumsi minuman hangat. Sedangkan minuman hangat di kenal sebagai minuman yang dapat membantu mengurangi rasa sakit atau nyeri.

Akan tetapi, minuman yang memiliki kandungan alkohol, kafein dan minuman yang tinggi gula harus dihindari karena minuman ini dapat membuat rasa sakit semakin parah. Selain itu, beberapa peneliti juga menunjukkan bahwa mengkonsumsi minuman yang mengandung kafein berlebihan dapat menyebabkan beberapa hal.

Seperti gangguan pada lambung, denyut nadi lebih cepat, gelisah, dan lain sebagainya. Oleh karena itu, saat mengalami haid, maka sebaiknya hindari yang memiliki kandungan alkohol dan kafein. Karena sebuah studi menunjukkan bahwa air hangat merupakan salah satu minuman yang dapat di konsumsi untuk menurunkan rasa nyeri atau sakit saat menstruasi.

Kompres Menggunakan Air Hangat

Kompres menggunakan air hangat merupakan salah satu tips yang dapat di lakukan untuk mengatasi sakit atau nyeri saat menstruasi. Hal ini dapat di lakukan dengan mengopres bagian tubuh yang terasa nyeri.

Sehingga dengan mengompres menggunakan air hangat, maka dapat mengurangi rasa nyeri pada tubuh. Sementara untuk melakukan pengompresan pada bagian tubuh yang nyri, dapat di lakukan dengan menggunakan botol yang berisi air panas.

Melakukan Olahraga Secara Rutin

Selain mengompres bagian tubuh yang terasa nyeri, tips selanjutnya yang dapat di lakukan untuk mengatasi nyeri pada perut atau pinggang adalah melakukan olahraga secara rutin. Sedangkan olahraga merupakan salah satu aktivitas yang di lakukan oleh setiap orang dengan tujuan untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Namun perlu di katahui, bahwa dengan melakukan olahraga tidak hanya berguna untuk meningkatkan kekebalan tubuh saja. Akan tetapi, dengan berolahraga juga mengurangi rasa nyeri saat menstruasi. Karena pada dasarnya dengan melakukan olahraga ringan sangat bermanfaat untuk memperlancar peredaran darah yang baik untuk tubuh.

Hal ini dapat di lakukan secara rutin, dengan begitu rasa sakit di perut atau di pinggang saat haid akan hilang secara perlahan. Sehingga dapat di katakan bahwa melakukan olahraga secara rutin merupakan salah satu tips yang dapat di lakukan untuk mengatasi nyeri saat menstruasi.

Mengkonsumsi Obat Pereda Nyeri

Tips selanjutnya yang bisa di lakukan untuk mengatasi nyeri saat haid adalah mengkonsumsi obat pereda nyeri. Sedangkan obat pereda nyeri tidak hanya terdiri dari satu jenis obat saja. Akan tetapi ada beberapa jenis obat yang dapat di konsumsi untuk mengatasi nyeri saat haid atau menstruasi, salah satunya adalah parasetamol.

Sedangkan paracetamol merupakan salah satu jenis obat penghilang rasa sakit yang berfungsi untuk menghentikan produksi bahan kimia di otak. Sehingga obat parasetamol juga dapat mengurangi demam dengan mempengaruhi area otak yang mengatur suhu tubuh.

Oleh karena itu, jika ingin menahan rasa sakit atau nyeri pada bagian tubuh. Maka dengan mengonsumsi obat pereda nyeri seperti parasetamol juga bisa menjadi pilihan yang tepat.

Bagaimana Mengatasi Nyeri Saat Menstruasi dengan Mengkonsumsi Makananan Bergizi?

Mengkonsumsi Makananan Bergizi

Mengkonsumsi makanan yang bergizi merupakan salah satu hal yang dapat di lakukan untuk mengurangi rasa nyeri pada tubuh. Sedangkan makanan yang bergizi ada beberapa jenis makanan yang dapat meredakan rasa nyeri pada tubuh. Seperti brokoli, pisang, salmon, ayam tanpa lemak, cokelat, dan lain sebagainya.

Sedangkan jenis makanan ini dapat di katakan baik karena memiliki banyak kandungan vitamin. Sehingga makanan ini dapat di katakan sebagai makanan yang bergizi. Oleh karena itu, dengan mengkonsumsi jenis makanan tersebut dapat mengatasi rasa sakit atau nyeri saat menstruasi.

Dengan begitu, maka sebaiknya hindari jenis makanan yang berlemak tinggi, dan makanan yang memiliki banyak kandungan MSG dan pengawet lainnya. Karena dengan mengkonsumsi makanan yang memiliki kandungan tersebut dapat memperparah sakit atau nyeri saat haid.

Baca Juga : Pola hidup sehat Mengatasi 3 Masalah Kesehatan Utama

Mengatur Pola Makan

Dari beberapa tips yang sudah di jelaskan di atas, ternyata dengan mengatur pola makan juga merupakan salah satu tips yang dapat di lakukan untuk mengatasi nyeri saat menstruasi. Sementara untuk mengatur pola makan adalah hal penting yang harus di lakukan.

Karena pada faktanya sebagian wanita yang sedang haid seringkali mengalami penurunan terhadap nafsu makan. Sehingga wanita yang tidak dapat mengatur pola makan maka dapat mengakibatkan masalah saat haid, sehingga bisa membuat rasa nyeri di bagian tubuh semakin parah.

Itulah beberapa pembahasan yang dapat di jelaskan mengenai tips mengatasi nyeri saat menstruasi. Semoga artikel ini bisa berguna dan bermanfaat.

W W W . K O R A N V I R A L . C O M

Facebook : KoranViral

Unik

Tips & Trik

Viral

Kesehatan


Like it? Share with your friends!

0
Admin Viral

0 Comments

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *